MOST RECENT

|

Instalasi freenas

nsebelum melakukan instalasi FreeNAS versi 7.2 untuk prosesor AMD 64 bit, spesifikasi hardware komputer server yang tersedia di CCROM-SEAP adalah :

1. Motherboard : ASUS

2. RAM : 2 GB DDR 22 GB DDR 2

3. CD ROM : DVD

4. Prosesor : AMD Athlon(tm) 64 X2 Dual Core Processor 5000+

5. Hardisk : Western Digital 2 TB dua buah

6. Flas USB : Kingston 2 GB

Sekenario yang akan dibuat pada instalasi freenas di CCROM-SEAP adalah menggabungkan dua buah hardisk yang besarnya masing 2 tera bait, kemudian di format menjadi filesystem ufs yang merupakan standar dari sistim operasi berbasis freeBSD. Dua buah Hardisk tersebut akan diformat sebagai sofware RAID dan menggunakan RAID0 untuk menggabungkan kedua hardisk tersebut agar besar volume hardisk menjadi 4 tera bait. Karena dua hardisk akan diformat RAID 0 maka sistem operasi freenas tidak bisa diinstall didalam salah satu dari kedua hardisk tersebut. Hal ini disebabkan ketika proses RAID0 hardisk akan diformat secara keseluruhan menjadi filesystem Software RAID, sedangkan sistem operasi freeNAS berjalan diatas filesystem UFS sehingga sistem tidak bisa dihapus jika sebelumnya sudah tertanam Sistim Operasi Freenas didalam salahsatu hardisk tersebut.PP2Karena hardisk akan diformat sebagai RAID0 dan sistim operasi freenas hanya membutuhkan media penyimpanan yang sangat kecil yaitu sekitar 74 MB maka freenas akan diinstall didalam flash USB. Flash USB yang saya gunakan sebesar 2 GB dan digunakan hanya untuk sistim operasi freenas. Walaupun terkesan kebesaran jika hanya untuk sistim operasi freenas, yang menjadi pertimbangan adalah untuk membeli flas USB yang kapasitasnya lebih kecil mungkin selain susah di cari juga harganya tidak jauh beda dengan yang saya gunakan.

Setelah disusun rancangan server yang akan dibuat menggunakan sistim oprerasi freenas, selanjutnya adalah langkah – langkah untuk instalasi freenas.

1. Download iso atau images freenas versi yang stabil di www.freenas.org Kemudian burning kedalam sebuah cd. Dalam hal ini saya menggunakan freenas versi 7.1 Live CD yang dirilis tahun 2010 untuk platform prosesor amd 64 bit.

2. Burning iso freenas yang telah di download tadi dan masukkan FreeNAS CD ke dalam CD-Rom dan booting komputer dari CD.

3. Setelah console berjalan akan ada beberapa pilihan, jika tidak memilih maka sistim akan secara default melanjutkan proses instalasi

4. Berikutnya ada sembilan pertanyaan yang akan kita pilih.

1. Assign interfaces

2. Set lan IP Addres

3. Reset WebGUI pasword

4. Reset to factory defaults

5. Ping host

6. Shell

7. Reboot System

8. Shutdown Sistem

9. Install/Upgrade to hardrive / flash device, etc.

Pilih nomer sembilan ( Install/Upgrade to hardrive / flash device, etc.) jika kita akanmenginstall freenas kedalam hardrive atau flash device

5. Langkah berikutnya akan ada pilihan enam pilihan instalasasi.

1. Install ‘embedded’ OS on HDD/Flash/USB/

2. Install ‘embeded’ OS on HDD/Flash/USB + DATA + SWAP partition

3. Install ‘full’ OS on HDD + SWAP partition

4. Upgrade ‘embedded’ OS from CDROM

5. Upgrade ‘full’ OS from CDROM

6. Upgrade and convert ‘full’ os to ‘embedded

Karena saya ingin menginstall freenas didalam usb flash device, maka pilih nomer satu atau dua. Dalam hal ini saya memilih nomer satu karena saya hanya ingin menanamkan sistem operasi freenas kedalam usb flash device tanpa data dan swap partition.

6. Pilih OK pada tampilan yang menjelaskan tentang instalasi freenas pada usb flash device

7. Tentukan cdrom yang akan digunakan. Kemudian pilih OK untuk melanjutkan instalasi

8. Pilih HD/usb flash yang akan di install freenas. Dalam hal ini saya menggunakan usb flash device kingston 2GB dan terbaca dalam sistim operasi freenas adalah “ da0 : 1911MB (Kingston DataTraveler G2 1.00) ” sedangkan dua buah hardisk yang masing-masing berkapasitas 2TB terbaca “ ad4: 1907730MB (WDC WD20EARS-00S8B1/80.00A80)” dan “ ad4: 1907730MB (WDC WD20EARS-00S8B1/80.00A80) ” pilih OKE

9. Jika salanjutnya ada keterangan

Mount CDROM.

Creat slice/partition table on device ad0.

Error : Partition layout does not fit on disk ad0.

Requested sectors : 432128

Available sectors : 219136

Layout : 64 * 147 0

Error : Failed to create slice/partition table!

Unmount CDROM

There was a problem during initializing the destination disk.

Press ENTER to continue.

Cabut usb flash device kemudian pasang kembali dan lakukan instalasi seperti langkah nomor 5 sampai 8, jika ada keterangan seperti dibawah ini,

Mount CDROM.

Installing system image on device ad0.

GEOM_LABEL : Label for provider ad0a isufsid/4b439d45f6fc7ba5.

Unmount CDROM.

freeNAS has been installed on ad0.

You can now remove the CDROM and reboot the PC.

Press ENTER to continue. "

Maka instalasi telah berhasil. Tekan ENTER kemudian akan ada 8 menu yang muncul.

1. Assign interfaces

2. Set lan IP Addres

3. Reset WebGUI pasword

4. Reset to factory defaults

5. Ping host

6. Shell

7. Reboot System

8. Shutdown Sistem

Pilih nomor 7 untuk reboot system kemudian keluarkan CD booting freenas maka freenas telah berhasil di install dan berjalan dalam usb flash device.

PP

Posted by Agus Nuryanto on 4/26/2010. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

3 Komentar for "Instalasi freenas"

  1. Mas, mo tanya...
    ini HD 2 Tb itu SATA? ...pakai SATA/RAID controller?
    terima kasih.

  2. ga harus sata, yang saya pake sakarang sta dki RAID 0.karna pengen saya satuin jadi 4 TB. oke

  3. mas saya mo nanya.
    saya menggunakan 2 pc diinstal freenas satu sebagai master yang satu sebagai chunk saya mau gabung hdd yang ada pada chunk ke master, misal hdd master 80GB dan chunk 80GB juga ,sehhingga pada master terlihat mnjadi 160GB bagai mana caranya?

Leave a reply

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added